Kualitas tidur sebenarnya berkaitan dengan seluruh program NEWSTART

tunesEnam puluh tahun silam, tidur dianggap proses statis dari istirahat, namun kualitas tidur bisa berbeda secara radikal walaupun tampaknya dua orang menghabiskan waktu yang sama di pembaringan. Bagaimanakah Anda bisa meningkatkan kualitas tidur? Gambar 19 menampilkan beberapa dari langkah dasar. Meskipun istirahat harian merupakan aspek kesehatan yang penting, kita juga cenderung tidak beristirahat dengan baik bila tidak mengikuti aspek gaya hidup sehat lainnya. Barangkali lebih ielas terlihat pada riset yang berkaitan dengan tidur dan proses penuaan. Kebanyakan tidak mempertanyakan “fakta” bahwa kualitas tidur memburuk seiring semakin tuanya seseorang. Namun, riset baru dari Stanford University Medical School dan pusat-pusat lain mempertanyakan asumsi ini. Apa yang diperlihatkan oleh data yang lebih baru ini adalah bahwa orang yang menjaga kesehatan dan mengikuti gaya hidup sehat kemungkinan tidak mengalami perubahan terapi alami untuk mengatasi penyakit diabetes dalam kualitas tidur ketika semakin tua.

Vitamin R2: Istirahat Mingguan

Di Amerika, tidak jarang bagi orang-orang menjalani tujuh hari kerja dalam satu minggu. Banyak yang melakukan ini berulangkali dan tampaknya tidak menderita untuk itu. Akan tetapi, bukti medis menunjukkan kemungkinan adanya konsekuensi jangka pendek maupun jangka panjang untuk kebiasaan semacam itu. Sama halnya dengan tubuh mempunyai jam tubuh harian alami (circadian rhythm), ia juga mempunyai jam tubuh mingguan (circaseptan rhythm). Circaseptan rhythm yaitu: irama tubuh yang berjalan sekitar tujuh hari panjangnya.

Riset medis telah memperlihatkan irama seperti itu dalam hubungannya dengan berbagai fungsi fisiologi. Beberapa yang sudah dikenali termasuk denyut iantung, bunuh diri (suicide), hormon alami dalam susu payudara manusia, pembengkakan setelah pembedahan, dan penolakan organ transplantasi. Untuk memahami pentingnya irama ini, pertimbangkan dua hal terakhir dalam daftar tersebut. Seseorang akan cenderung mendapat peningkatan pembengkakan pada hari ketujuh dan kemudian hari keempat belas setelah pembedahan. Sama halnya, seseorang dengan transplantasi ginjal lebih besar kemungkinan menolak organ tujuh hari dan kemudian empat belas hari setelah pembedahan. Riset pada ritme circaseptan terus berlanjut dan hubungan baru terus-menerus ditemukan.