Serb-serbi Pemutih Kulit

Ada beberapa pemutih kulit yang lazim dan banyak digunakan pada produk pemutih yag berdar di pasaran, antara lain:

  1. Mercury
    Sangat cepat memutihkan kulit , harganya murah. Bahayanya bisa merusak ginjal, menimbulkan flek di otak, menimbulkan flek permanen dikulit.
  2. Placenta
    Bagus efeknya, hanya saja seringkali terbuat dari hewan yang tidak halal.
  3. Hidroquinon
    Di Indonesia diijinkan dijual bebas maximal konsentrasi 2%, selebihnya harus dalam pengawasan dokter.
  4. AHA/BHA
    Efek pengelupasanya bisa mengiritasi kulit.
  5. Arbutin dan Vitamin C
    Ini adalah kombinasi paling aman untuk digunakan sepanjang usia kita.

Selanjutnya ada baiknya kita membahas tentang beberapa penelitian tentang pemutih kulit sebagai berikut:

Skin Lightening
1
Tidak peduli apa latar belakang etnis atau warna kulit Anda, pada akhirnya kebanyakan dari kita harus berjuang menghadapi masalah pigmentasi kulit berwarna kecoklatan atau keputihan. Kulit akan terlihat lebih putih atau lebih gelap dari biasanya pada area tertentu, atau Anda mungkin memperhatikan adanya noda-noda akibat discoloration atau freckles berwarna coklat hingga abu-abu/putih. Kelainan pigmentasi kulit terjadi karena tubuh memproduksi terlalu banyak atau terlalu sedikit melanin. Melanin adalah pigmen yang diproduksi oleh sel-sel tertentu (melanocytes).

Perawatan Kombinasi
Melanin dirangsang oleh sebuah proses rumit yang sebagian dikontrol oleh enzim yang disebut tyrosinase. Kebanyakan perawatan untuk memutihkan kulit bertujuan untuk menghambat enzim tyrosinase, yang dapat mengurangi atau menghambat sebagian dari produksi melanin. Ada banyak pilihan yang dapat dipertimbangkan dalam mencari solusinya. Perawatan yang paling berhasil menggunakan kombinasi dari lotion atau gel topical/oles yang mengandung bahan-bahan yang dapat menghambat melanin dengan tabir surya yang terformulasi dengan baik, dan retinoid yang diresepkan (seperti Renova atau versi generiknya yang mengandung tretinoin, sejenis retinoid). Bergantung pada bagaimana reaksi kulit terhadap perawatan berikut ini, exfoliant—baik yang berada dalam bentuk kosmetik yang dioleskan maupun chemical peels/peeling kimia—serta laser juga dapat mempengaruhi pigmen lebih jauh dan sudah pasti dapat meningkatkan hasilnya

Tabir Surya
images
Tabir surya yang terformulasi dengan baik setiap hari (365 hari setahun). Menggunakan tabir surya dengan rajin dapat memperbaiki dan melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari lebih jauh, yang sebenarnya merupakan penyebab dari munculnya. Menggunakan produk-produk pemutih kulit, exfoliant, perawatan peeling ataupun laser tanpa disertai penggunaan tabir surya hanya akan membuang-buang waktu dan uang. Terekspos sinar matahari merupakan penyebab utama melasma, sementara itu, perawatan lainnya tidak dapat melindungi kulit dari serangan sinar matahari setiap harinya. Sebelum Anda mencari pilihan lain untuk perawatan skin discolorations, mengaplikasikan tabir surya dan menghindari terekspos sinar matahari merupakan langkah awal yang paling praktis.

Obat Topical
images
Hydroquinone oles merupakan langkah berikutnya dalam mengurangi atau menghilangkan skin discolorations. Kenyataannya, banyak dermatologis yang menganggap bahwa hydroquinone oles merupakan pilihan yang lebih aman, sama efektif-nya (atau bahkan lebih), dan lebih murah dari perawatan laser atau peel. Hydroquinone oles konsentrat 2% (tersedia dalam kosmetik) hingga 4% (tersedia dari dokter atau berdasarkan resep), baik sendiri ataupun dikombinasikan dengan tretinoin 0.05% hingga 0.1% memiliki catatan yang mengesankan. Penelitian telah berulang kali menunjukkan bahwa hydroquinone dan tretinoin merupakan obat yang kuat untuk melasma yang disebabkan oleh sinar matahari atau hormon.

Hydroquinone
images
Kita akan lebih banyak membahas mengenai hydroquinone karena hydroquinone sudah lama dinyatakan sebagai bahan yang paling efektif dalam mengurangi dan berpotensi untuk menghilangkan melasma. Hydroquinone merupakan penghambat produksi melanin yang kuat. Hydroquinone dapat menjadi bahan yang tidak stabil dalam formulasi kosmetik. Jika hydroquinone terekspos dengan udara atau sinar matahari, warnanya berubah menjadi warna coklat yang aneh. Jadi, jika Anda memutuskan untuk menggunakan produk yang mengandung hydroquinone, pastikan ia dikemas dalam wadah yang tidak transparan sehingga dapat mencegah masuknya sinar matahari dan meminimalkan kemungkinan terekspos udara. Produk-produk hydroquinone yang dikemas dalam toples tidak disarankan karena mereka menjadi tidak efektif segera setelah dibuka.

Kolagen
Kolagen adalah salah satu protein yang menyusun tubuh manusia. Keberadaannya adalah kurang lebih mencapai 30% dari seluruh protein yang terdapat di tubuh. Dia adalah struktur organik pembangun tulang, gigi, sendi, otot, dan kulit. Serat kolagen memiliki daya tahan yang kuat terhadap tekanan. Kolagen diibaratkan sebagai lem yang menyatukan tubuh manusia secara bersamaan. Tanpa kolagen tubuh akan terpisah secara harfiahnya.  Dengan kulit yang masih elastis inilah seseorang akan terlihat awet muda bebas dari keriput walaupun usia sudah 40 tahun ke atas. kandungan kolagen juga banyak terdapat pada produk-produk kosmetik yang salah satunya yaitu moment glucogen jadi secara tidak langsung manfaat glucogen karena mengandung kolagen sehingga mampu memberikan kekuatan untuk struktur tubuh dan melindungi struktur kulit dengan mencegah penyebaran zat pathogen, zat beracun lainnya, mikro organism dan sel-sel kanker. Kolagen juga dapat memberikan elastisitas, kelenturan, kekenyalan, kelembaban dan ketahanan pada kulit.