Sedikit Kilasan Tentang Ilmuan Ahli Vitamin Dan Mineral

Dr. Sheldon Hendler adalah ahli tentang vitamin, mineral dan obat alami kencing manis yang dikenal luas. Ia memegang gelar Ph. D. dalam biokimia dari Universitas Kolumbia dan gelar M.D dari Universitas Kalifornia. Ia mengungkapkan jauh lebih banyak lagi kewaspadaan untuk suplemen vitamin E daripada banyak anjuran suplemen. Dr. Hendler melihat “tidak ada alasan bagi orang dewasa menggunakan lebih dari 400 IU tiap harinya” dan mencatumkan keprihatinan pada beberapa efek sampingan mulai dari dosis sedikitnya 500 IU per hari.

Ada perhatian terpisah mengenai kebiasaan makan suplemen vitamin dan mineral secara rutin. Yang mengejutkan, Anda bisa menyebabkan kekuranganvitamin atau mineral dengan makan suplemen dosis tinggi. Bagaimanakah hal demikian itu terjadi? Bagaimanakah bisa individu cermat yang menggunakan vitamin dan mineral ekstra menempatkan diri mereka pada risiko ke- . kurangan yang lebih besar? Jawabannya terletak pada pemahaman yang benar terhadap interaksi antara vitamin’dan mineral. Ada sejumlah cara di mana vitamin dan mineral disalurkan dan digunakan oleh tubuh.

Makan satu macam vitamin atau mineral berlebihan mengakibatkan ketidakseimbangan pengambilan dan pemakaian vitamin dan mineral lain. Beberapa dari interaksi ini diilustrasikan dalam Gambar 4.21 Dalam gambar suatu garis yang menghubungkan vitamin pada mineral mengindikasikan suatu interaksi. Misalnya, vitamin C mempunyai garis yang menghubungkannya pada zat besi. Ini mengind ikasikan interaksi antar ^ zat-zat ini. Dalam interaksi spesifik ini, bila Anda makan dosis vitamin C tinggi hari demi hari, tubuh Anda meningkatkan penyerapannya terhadap zat besi, yang bisa menyebabkan masalah lain.

Interaksi substansi lain bisa menyebabkan penurunan dalam penyerapan suatu substansi. Banyak orang tidak menyadari interaksi berpotensi membahayakan seperti ini. Pesannya adalah tidak seorang pun mesti menggunakan dosis tinggi suplemen tanpa pertimbangan yang hati-hati. Terdapat 11 interaksi terpisah yang ditunjukkan dalam gambar ini.

Tidak hanya vitamin dan mineral yang berinteraksi, vitamin bisa berinteraksi dengan vitamin lain, dan mineral bisa berinteraksi dengan mineral lain seperti diilustrasikan dalam Gambar 5 dan 6.22 Ada 12 vitamin yang ditunjukkan, dan 27 interaksi yang mungkin terjadi. Perhatikan bahwa ketiga vitamin populer, A, C, dan E, berinteraksi satu sama lain. Bagaimanakah dengan pil paduan vitamin sederhana, atau suplemen dalam semangkuk Product 19 atau sereal Total? Tidak seperti banyak suplemen, yang ini biasanya tidak memberikan banyak jumlah unsur bahan gizi.