Penyakit Kulit Herpes – Penyebab dan Penyembuhannya

Penyakit Kulit Herpes dan Pengobatannya – Herpes adalah sebuah penyakit yang masuk dalam salah satu jenis penyakit menular yang bisa menyerang permukaan kulit seseorang. Penyakit ini bisa disebabkan adanya infeksi virus pada kulit baik diperoleh secara eksogen ataupun endogen.

Penyakit kulit herpes dan pengobatannya

Penyakit herpes sendiri bisa diartikan sebagai radang kulit ditandai dengan terbentuknya gelembung secara berkelompok. Gelembung ini biasanya berisi air dan yang dapat menular apabila terjadi persentuhan dengan objek lain. Sehingga penyakit herpes masuk dalam salah satu kategori penyakit menular.

Ada dua jenis penyakit herpes yaitu herpes zoster penyakit satu ini menyerang kulit serta herpes genitalis yang merupakan penyakit herpes yang menjadi salah satu jenis penyakit kelamin. Sedangkan yang akan kita bahas kali ini adalah penyakit herpes di kulit dan penyebab penyakit herpes tersebut.

Penyebab Penyakit Herpes Kulit

Penyakit herpes kulit ini merupakan sebuah virus yang bisa ditularkan virus varicella-zoster yang berawal dari penyakit cacar air, saat anda terserang penyakit cacar air virus varicella-zoster bisa menetap di dalam kondisi yang tidak aktif salah satu ataupun lebih pusat saraf posterior.

Saat daya imnunitas seseorang menurun membuat virus ini aktif kembali lalu menyebar melalui saraf tepi dan menuju ke kulit sehingga menimbulkan penyakit herpes. Virus ini bisa memperbanyak diri serta membentuk bintik-bintik kecil dengan warna merah yang menggelembung berisi cairan di daerah kulit melalalui virus tersebut.

Penyakit kulit ini sering terjadi kepada orang yang sudah lanjut usia serta penderita imunosupresif ataupun seseorang yang memiliki sistem imun lemah sehingga bisa dikatakan bahwa salah satu yang menjadi penyebab penyakit herpes di kulit yaitu kurangnya asupan nutrisi guna meningkatkan daya imunitas tubuh.

Gejala awalnya ditunjukkan para penderita penyakit herpes antara lain yaitu diawali dengan demam tinggi kemudian menunjukkan gejala lain setelah 8 hari.

Gejala lain yang ditunjukkan berikutnya yaitu kulit terasa terbakar serta menjadi lebih sensitive kurang lebih selama beberapa minggu, rasa sakit di bagian tubuh yang sudah terkena virus herpes, yaitu munculnya bintik bintik merah di kulit yang sakit ini hingga akhirnya jadi gelembung-gelembung yang berisi air yang berkelompok.

Apabila anda mengalami gejala yang disebutkan tadi, segeralah lakukan pengobatan guna mencegah penyakit ini menyebar ke bagian tubuh anda.

Penyakit herpes merupakan penyakit yang termasuk penyakit menular cara penularan sendir sangat mudah dan cepat. Penyakit ini bisa menular di berbagai media seperti semua barang yang tersentuh cairan gelembung para penderita herpes, kontak langsung ataupun bersentuhan kulit penderita herpes dan memakai pakaian yang sama dengan penderita herpes yang pakainay sudah terkena cairan gelembung penderita. Sehingga bisa melihat cara penularan sangat mudah maka sudah barang tentu segera dilakukan pengobatan.

Jenis – Jenis Penyakit Herpes

Berikut merupakan jeni-jenis dari penyakit kulit herpes :

  • Herpes Zoster
    Penyakit herpes varicella zoster adalah sebuah herpes yang cukup berbeda dengan herpes simpleks. Herpes zoster ini tidaklah termasuk ke kategori penyakit menular seksual. Biasanya penyakit herpes varicella zoster ini diawali dengan seseorang yang mengalami cacar air yang diakibatkan serangan virus herpes varicella belum sembuh seecara dengan tuntas, virusnya sendiri masih ada di dalam saraf serta sifatnya yaitu laten.
    Apabila seseorang pernah terkena penyakit cacar air, resiko terkena mengalami serangan herpes varicella zoster bisa sanat terbuka karena herpes ini kelanjutan dari penyakit cacar air yang disebut dengan cacar api. Gejala herpes zoster yaitu munculnya pilek, demam, flu, dan tubuh yang mudah lelah. Selain itu, muncul lesi seperti bintik-bintik dengan warna merah kemudian akan membentuk lepuhan besar yang isinya adalah cairan. Dapat menimbulkan rasa nyeri di sendi yang menyerang pada bagian saraf terkena. Biasanya lesi ini muncul sekitar selama 7 hari. Bisa sembuh dengan sendirinya bahkan ada yang harus melakukan pemeriksaan dulu ke dokter.
  • Herpes Simplex
    Berbeda halnya dengan herpes varicella zoster, Penyakit herpes ini merupakan salah sejenis herpes menular seksual. Biasanya penyakit satu ini akan ditularkan karena hubungan seksual. Penyakit ini masih belum diketahui obatnya apa yang dapat menyembuhkannya secara tuntas. Penyakit herpes simpleks ini bersifat laten. tapi, biasanya untuk penderita tidak lagi menyadari bahwa mereka terkena serangan herpes simpleks sehingga bisa mudah menularkannya kepada orang lain. Penyakit herpes simpleks ini merupakan sejenis penyakit menular seksual yang harus ditangani dengan serius. Karena apabila tidak bisa menimbulkan kematian khususnya bayi yang mengalami penularan akibat ibunya ketika proses melahirkan. Sedangkan untuk orang dewasa, penyakit ini jarang bisa menimbulkan terjadinya kematian Tapi dapat membuat kualitas hidup penderitanya menjadi menurun. Apalagi jika penderita terkena serangan penyakit HIV, resiko untuk mengalami penurunan sistem imun juga semakin besar.

Penyakit Herpes Dan Cara Pengobatannya

Penyakit kulit herpes apa obatnya?  Anda bisa mengobati penyakit herpes dengan cara – cara tradisional semisal menggunakan ramuan lidah buaya atau dapat menggunakan obat herpes yang alami. Anda bisa memakai kandungan gel di daun lidah buaya untuk bisa digunakan sebagai salah satu obat dengan cara menempelkan gel ini pada bagian kulit terkena herpes.

Manfaatnya sendiri bisa dirasakan dengan memakai lidah buaya antara lain bisa mengurangi rasa sakit serta panas yang mempercepat penyembuhanya. Jika anda tidak memiliki tanaman lidah buaya anda bisa membeli minyak lidah buaya di toko-toko terdekat. Lalu di Sesuaikan antara penyebab penyakit herpes dengan cara pengobatannya sehingga dapat memberikan pengobatan lebihmaksimal.

Selain bisa memakai ramuan tersebut, Untuk anda yang saat ini masih dalam masa pengobatan penyakit herpes disarankan banyak banyak mengkonsumsi makanan dengan kandungan vitamin A, C dan E dan zat besi untuk bisa mempercepat proses penyembuhan dengan cara memberikan imunitas lebih tinggi di tubuh.

Untuk bisa mencegah penyakit herpesyang menyerang anda, sering-seringlah vaksinasi sehingga dapat meningkatkan respon spesifik limfosit sitotoksik dengan virus penyebab herpes. Penyebab penyakit herpes sangat cepat menular yang mampu di cegah dengan cara menjaga kebersihan bagian diri dan kebutuhan sehingga bisa meminimalkan bentuk dari penularan penyakit herpes. Perhatikanlah asupan nutrisi yang masuk ketubuh sehingga mampu memberi sistem imunitas yang kebal ke dalam tubuh anda.

Dosis obat yang diberikan dapat berbeda tergantung tipe virus yang menyerang tubuh bagi penderitanya. Anti virus dapat di gunakan untuk mengobati penyakit kulit herpes yaitu asiklovir dalam bentuk tablet dan juga obat oles (salep) bahkan bisa untuk tetes matanya. Untuk para penderita penyakit herpes di anjurkan segeralah mengkonsumsi obat serta memakai salep dan obat tetes mata walau penyakit herpes ini sudah sembuh, hal ini btentu ertujuan mencegah kambuhnya penyakit kulit herpes tersebut.

Rasa sakit di bibir diikuti dengan rasa sakit pada tenggorokan serta demam merupakan sebuah gejala dari cold sores. Cold sores sendiri merupakan sejenis penyakit kulit diakibatkan oleh virus penyakit kulit herpes. Virus ini bisa meluas serta melakukan penyebaran melalui kontak langsung dengan para penderita penyakit herpes ataupun kontak secara tidak langsung, karena penyakit satu ini bisa bertahan lama pada tubuh seseorang, Dianjurkan sekali untuk anda agar selalu menjaga kesehatan kulit badan agar tidak tertular penyakit ini.

Perawatan di rumah dapat dilakukan dengan cara menambah menkonsumsi makanan dengan vitamin C, vitamin E, vitamin B12 yang membuat daya tahan tubuh menjadi lebih tinggi.

Cara untuk mengobati penyakit herpes zoster,pengobatannya yang harus dilakukan terhadap penderita herpes zoster ini dapat dibedakan dalam tiga hal, yaitu :

  • Pengobatan infeksi virus akut, pengobatan ini erat sekali hubungannya dengan penyakit dan pencegahanya terhadap neuralgia pascaherpes.
  • Pemakaian agen antiviralnya di dalam waktu kurang lebih 72 jam sesudah keluarnya ruam bisa menurunkan durasi untuk terbentunya ruam dan bisa membantu meringankan rasa sakit akibat oleh ruam tersebut.
  • Kesehatan tubuh serta kulit menjadi langkah utama yang harus bisa di lakukan untuk dapat menghindari penyakit herpes ini dan berus
  • Aha untuk melakukan cara guna mengobati penyakit herpes ini.

Semoga artikel kami tentang penyakit kulit herpes dan cara pengobatan herpes di atas dapat membantu anda yang saat ini sedang mengalami masalah penyakit kulit herpes. Terimakasih dan Salam sehat selalu.