Mengapa Makanan Berserat Digolongkan Sebagai Menu Untuk Diabetes Melitus?

Memilih menu untuk diabetes melitus memang terkadang cukung memusingkan. Namun bila anda sudah terbiasa, hal tersebut sebenarnya tidaklah terlalu sulit. Ada banyak sekali cara mengatasi gejala penyakit diabetes dan menu makanan yang baik jika dikonsumsi oleh penderita diabetes melitus.

Salah satu menu makanan yang dikatakan baik untuk orang-orang yang menderita penyakit gula darah tersebut adalah makanan yang kaya akan serat. Sebenarnya mengapa makanan yang tinggi serat baik dikonsumsi oleh penderita diabetes melitus? Pelajari lebih lanjut alasannya melalui artikel ini.

3 Alasan Mengapa Makanan Berserat Adalah Menu Untuk Diabetes Melitus

menu untuk diabetes melitusMengapa sih penderita diabetes lebih disarankan untuk memakan makanan yang kaya akan serat? Ternyata, makanan yang kaya akan serat dapat memberikan banyak sekali manfaat jika dikonsumsi oleh orang yang menderita penyakit diabetes. Menu untuk diabetes melitus yang mengandung serat dapat memberikan setidaknya 3 macam manfaat seperti:

• Membantu menstabilkan kadar gula darah

Makanan yang kaya akan serat dapat membantu menstabilkan kadar gula dalam darah. Jika kadar gula darah bisa dikontrol, maka berbagai macam gejala penyakit diabetes melitus bisa ditekan kemunculannya.

• Mengurangi kadar kolesterol jahat

Kandungan serat juga sangat bermanfaat untuk menjaga kestabilan kadar kolesterol di dalam tubuh. Selain itu, makanan yang kaya akan serat juga dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat.

• Mengurangi kemungkinan mengalami komplikasi

Penyakit diabetes melitus dapat memicu munculnya berbagai macam komplikasi seperti stroke, serangan jantung, dan masih banyak lagi. Makanan yang kaya akan serat juga dapat membantu menurunkan kemungkinan-kemungkinan munculnya komplikasi tersebut.

Contoh Menu Untuk Diabetes Melitus yang Kaya Akan Serat

Makanan yang kaya akan serat untuk penderita diabetes melitus cukup banyak pilihannya. Berikut adalah beberapa menu untuk diabetes melitus yang memiliki kandungan serat:

• Sayuran yang memiliki sedikit kandungan karbohidrat seperti gambas, kecipir, labu, dan lobak.
• Buah buahan yang memiliki nilai indeks glikemik rendah seperti apel, jeruk, pir, strawberry, dan alpukat.
• Roti gandum, beras merah, beras coklat, dan juga beras hitam.

Bagaimana? Cukup banyak bukan pilihan menu makanan sehat untuk penderita diabetes melitus?