KEKEBALAN DIDAPAT SECARA PASIF

Perlindungan sementara terhadap infeksi dapat diperoleh dengan pemberian antibodi yang berasal dari individu lain dengan spesies yang sama atau berbeda. Sebagai antibodi-antibodi yang didapat, ia akan digunakan dalam reaksi dengan antigen atau mengalami katabolisme sebagaimana biasa, lama kelamaan perlindungan ini hilang. Cacing dewasa hidup menetap di dalam pembuluh-pembuluh mesentrik tuan rumah walaupun kenyataan yang diketahui mengatakan bahwa darah yang direndam dalam cairan yang mengandung antibodi dapat mencegah infeksi kedua. Smither dan Terry menunjukkan bahwa parasit-parasit itu membuat diri sendiri menjadi kebal terhadap prosesproses imun tersebut dengan penyamaran memakai selubung antigen-antigen tuan rumah, baik dengan memperoleh secara langsung arau dengan membuatnya sendiri sibagai bentuk. “mimicry” antigenik.
fly
Antibodi homolog

Matemal. Pada bulan-bulan pertama kehidupan, pada mana bayi secara perlahan-lahan mulai memperlihaqkan kerja sistem limfoidnya, proteksi diperoleh dari antibodi yang berasal dari ibu. Antibodi-antibodi ini diperoleh melalui plasenta atau dari hasil penyerapan usus terhadap imunoglobulin-imunoglobulin kolostral. y-globulin. Pengolahan hasil pengumpulan y-globulin orang dewasa dapat dipergunakan untuk mempercepat penyembuhan penyakit campak, biasanya pada individu-individu dengan defisiensi reaksi kebal seperti bayi-bayi premarur, anak-anak dengan imunodefisiensi primer, atau penderita-penderita yarlg mendapat pengobatan steroid. Kontak dengan penderita hepatitis infeksiosa din cacar boleh juga diberikan proteksi dengan menggunakan y-globulin, terutama bila kasus terakhir itu diperoleh melalui serum pada vaksinasi yang dilakukan beberapa minggu sebelumnya. Apabila kontrol terhadap infeksi kurang cukup, kelainan-kelainan yang berat mungkin pada tuan rumah yang telah kebal sebagai akibat reaksi hipersensitivitas
lambat tipe IV. Oleh karena itu, stafilokokus-stafilokokus yang ditemukan menjadi  avirulen, bila disuntikkan pada tikus akan memberi kekebalan pasif dengan antibodi, tetapi menyebabkan kerusakan jaringan yang luas pada binatang-binatang yang sebelumnya mendapat sel-sel-T yang peka (Glynn).

Imunoglobulin antitetanus manusia lebih disukai daripada antitoksin yang berasal dari kuda, yang,dapat menyebabkan reaksi-reaksi serum. Preparat-preparat y- globul in hasil isolasi, cenderung membentuk gumpalan-gumpalan kecil secara spontan dan ini dapat menyebabkan reaksi anafilaksis berat bila digunakan secara intravena karena kemampuan menggumpalkan trombosit dan mengaktifkan komplemen serta pembentukan anafilatoksin C3a dan C5a Karena alasan tersebut, bahan itu selalu disuntikkan secara intramuskuler. Preparat yang bebas gumpalan akan diterima dengan baik sebagai kelompok terpisah yang dikehendaki mempunyai titer antibodi tinggi untuk penentuan jasad renik seperti vaccinia, herpes zoster, tetanus, dan mungkin rubella.