Kecelakaan dan Tindak Kekerasan

Kecelahaan kendaraan bermotor sebagai penyebab utama kematian di antara anak-anakdan dewasa muda, menyamai penyebab utamatahun-tahun kehidupan yang hilang sebelumusia 55 tahun. Di Amerika Serikat saja, lebihdari 40.000 jiwa direnggut tiap tahun oleh kecelakaan kendaraan bermotor dengan lebih daritiga juta lagi menderita cidera non-fatal. Apakahcatatan alkohol mengenai tragedi nasionalini? Lebih dari 17.000 orang Amerika mati dalam kecelakaan hendaraan bermotor tiap tahunyang seharusnya masih hidup saat ini kalau saja bukan karena efek alkohoi.

Pendeknya, alkohol terhitung untuk sekitar 44 persen kematianlalu lintas dan 40 persen dari biaya kecelakaan besar yang totalnya dalam jumlah bilyrrnan. Bahkan kadar alkohol dalam darah yang sangatsah sekalipun menyebabkan kerusakan dan bertambahnyaangka kecelakaan. Seperti telah diduga,semakin tinggi kadar alkohol dalam darah maka akan semakin tinggi risiko kecelakaan, seperti ditunjukkan dalam Gambar 15.106

36.Perhatikan sebuah fakta yang sedikit diketahui;yakni, Anda bisa mengemudi dengan sahdan masih mendapat risiko kecelakaan secaradramatis lebih tinggi daripada seorang yang ridak mabuk. Hanya sedikit jumlah alkohol menambahrisiko Anda akan kematian sebanyak 40 persen. Hanya dua minuman bagi seorangwanita berberat badan 140 pontog mendorongnyamelebihi rentang alkohoi dalam darah 0,05persen dan membuat dia pada 11 kali risiko kematiandi belakang setir.

Begitu Anda memasukirentang intoksikasi legal risiko kematianAnda teiah meningkat sebanyak 50 kali. Kadaryang lebih tinggi lagi bahkan berisiko lebih besarpada kematian. Jelas, jika Anda berada di belakang kemudi hanya ada satu pola minum yang sehat-berpantang secara total dari alkohoi.

Ingat, setelah minum satu atau dua, jika Anda seperti kebanyakan orang, Anda akan merasa sepenuhnyadalam kendali, koordinasi Anda akanbaik, tetapi perkiraan Anda akan kemampuanmengemudi akan dilebih-lebihkan. Risiko Andaakan kematian pada saat pulang ke rumah kemungkinan akan 10 kali lebih besar dari pada bila Anda tidak mabuk.

Kecelakaan pesawat udara juga membawa hubungan pada penggunaan alkohol. Karen relatif jarang kejadian seperti itu, sedikit riset dilakukanterhadap peran alkohol pada keadaan keadaans emacam ini. Pada satu evaluasi pemeriksaan catatan medis, untuk fatalitas pesawat udara non komersil, 35 persen teruji positif untuk alkohol meskipun hanya sekitar 1 dalam 4 dari mereka yang minum beralkohol di pesawat terintoksikasi secara sah.