Kebiasaan Yang Memicu Penyebab Diabetes

Tanpa kita sadari, ada beberapa kebiasaan yang memicu terjadinya penyakit diabates melitus. Ini dia kebiasaan yang perlu dihindari:

1. Teh Manis

Tingginya asupan glukosa pada makanan atau minuman dapat menyebabkan kenaikan pada kadar gula darah. Teh manis sudah mengandung banyak kalori belum lagi ditambah dengan 3 kali makan nasi serta lauk pauknya. Sebaiknya Teh manis bisa digantikan dengan minum air putih ataupun batasi konsumsi gula agar terhindar dari penyakit diabetes.

2. Gorengan

fakta-makanan-penyebab-diabetesGorengan merupakan salah satu makanan yang diminati oleh semua kalangan. Apalagi jika musim hujan, banyak orang yang tidak ragu membeli banyak gorengan karena sangat cocok dinikmati ketika musin dingin. Tetapi perlu Anda ketahui, gorengan adalah faktor yang memicu penyakit degeneratif, seperti kardiovaskular, diabetes melitus, dan penyakit stroke.

3. Suka Nyemil

Kerena merasa perut belum kenyang, terkadang kita menambah camilan seperti biskuit, keripik kentang, dan kue-kue manis. PadahalĀ  makanan tersebut tergolong makanan yang memiliki indeks glikemik yang tinggi. Sementara gula dan tepung bisa mengakibatkan kenaikan pada kadar gula darah.

4. Kurang Tidur

Kurang tidur juga dapat merangsangĀ  hormon di dalam darah yang mengakibatkan timbulnya nafsu makan. Rasa lapar seorang penderita gangguan tidur memicu mereka untuk menyantap makanan yang mengandung kalori tinggi. Ini membuat kadar gula darah menjai naik.

Sebaiknya tidur tidak kurang dari 6 jam sehari atau yang paling baik tidur 8 jam sehari.

5. Suka Minum Bersoda

Banyaknya makanan cepat saji membuat minuman bersoda juga sangat digemari. Sering konsumsi minuman bersoda ini akan membuat berat badan menjadi naik dan resiko diabetes semakin tinggi.

Dalam kandungan minuman bersoda banyak pemanisnya, selain itu asupan kalori cair ini tidak dapat mengakibatkan rasa kenyang sehingga terdorong untuk konsumsi minuman bersoda lebih banyak lagi.

6. Kurang Olahraga atau Aktivitas

Olahraga sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh, minimal 3 kali dalam seminggu.

Jika seseorang tidak melalukan aktivitas dan kurang berolahraga, maka glukosa dalam tubuh tidak dapat digantiĀ  menjadi energi. Hal tersebut dapat mengakibatkan resiko obesitas dan diabetes.