Efek memelihara ternak pada tanah dan daratan sangatlah penting Hilangnya Humus

Selama sedikitnya 200 tahun, erosi telah menyebabkan hilangnya humus di Amerika Serikat. Perubahan dramatis ini diindikasikan dalam Gambar 11. Humus semakin menyusut di seluruh dunia. Berdasarkan perkiraan dari FAO (The Food and Agriculture Organization of the United Nations), kira-kira antara 11 dan 15 juta acre lahan subur hilang di seluruh dunia tiap tahun karena erosi tanah.

Tiap tahun, penyusutan humus di seluruh dunia berjumlah sampai 710 tonnes lsatu tonnes metrik adalah ukuran sebanding dengan 1, 102 ton kilometer persegi. Ini berarti sekitar 3 ton per acre. Untuk mempertimbangkan nya, anggap saja bahwa A.S. mengalami angka rata-rata erosi tanah ini di setiap kaki persegi tanahnya. Pengusutan yang dikalkulasikan pada humus ditunjukkan dalam Gambar 12.

Apakah yang menyebabkan erosi ini? Sebagian besar terjadi karena membajak dan mengolah tanah. Air hujan membersihkan tanah yang longsor ke sungai dan kali, dan akhirnya ke lautan. Aliran berlumpur setelah hujan deras memberikan bukti nyata dari erosi ini. Erosi cenderung lebih buruk jika sejumlah luas tanah diolah.

21Jadi erosi yang dipercepat seringkali jadi akibatnya ketika para petani mencoba menambah produksi daging dengan menanam lebih banyak pakan ternak. Di beberapa tempat di A.S kedalaman humus sudah menjadi sangat dangkal sehingga tidak lagi bisa digunakan untuk menanam apapun kecuali rumput ladang.

Beberapa daerah di A.S. semakin kehilangan 50 persen lebih dari rutatata dunia. The Great Plain dan wilayah Barat sedang kehilangan 4, 5 ton humus per acre per tahun. Institut V’orldwatch menghubungkan kehilangan ini pada erosi angin dalam konteks “iklim kering, bercocok tanam untuk mendapatkan panen, dan penggembalaan ternak yang berlebihan.”26

Kerugian ekonomi dari erosi tanah ini juga sangat besar. Di A.S ketika kerugian hasil yang berkurang, bertambahnya tuntutan penyubur, dan biaya lingkungan terhadap erosi (kehabisan sedimen dan bahan kimia pencemar) semuanya dihitung, ahgka yang terbilang sampai 18 bilyun dolar per tahun.

Suplai Air dan Pilihan Makan Kita

Kebutuhan kita meliputi lebih dari gizi yang baik. Kita juga memerlukan suplai airyatg memadai. Faktanya, banyak orang percaya bahwa ramalan kekurangan air akan menyebabkan kelangkaan makanan. Bahkan di Amerika Serikat, banyak daerah di negara tersebut sudah terbiasa dengan penjatahan air.