Bagaimana Diabetes Tipe 2 Itu?

Diabetes tipe 2 adalah jenis diabetes yang identik dengan gaya hidup. Gaya hidup yang buruk, sering disebut-sebut sebagai penyebab utama dari diabetes tipe 2 ini. Walaupun, faktor lain seperti genetik juga dikatakan punya pengaruh signifikan.

Siapa saja yang bisa menderita diabetes tipe 2

Penderita diabetes tipe 2 didominasi dengan golongan usia 40 tahun ke atas. Namun demikian, penderita yang masih berumur 20 tahunan juga tidak menutup kemungkinan.

Bagaimana diabetes tipe 2 terjadi?

Pada diabetes tipe 2, insulin yang dihasilkan oleh pankreas mempunyai jumlah yang sama dengan orang-orang normal. Hanya saja, terdapat masalah yang disebut insulin resistance. Keadaan ini terjadi dimana sel-sel tubuh tidak peka terhadap insulin sehingga tidak mampu menerima gula yang dibawa oleh insulin.

Ketidak pekaan insulin ini biasanya terjadi karena reseptor insulin tertutup oleh jaringan lemak. Itulah mengapa, penderita diabetes tipe 2 rata-rata mempunyai tubuh yang gemuk dan mempunyai persentase lemak lebih tinggi dalam tubuhnya. Selain itu, diabetes tipe 2 dipengaruhi oleh ketidak seimbangan hormon.

Apakah diabetes tipe 2 membutuhkan suntikan insulin?

Pada awalnya, penderita diabetes tipe 2 tidak membutuhkan bantuan insulin yang disuntikan. Namun, seiring dengan perkembangan penyakit dan tidak terkontrolnya gula darah, menyebabkan pankreas rusak. Kerusakan pankreas ini akan menimbulkan akibat terhentinya pasokan insulin. Pasokan insulin untuk tubuh dari pankreas bisa berkurang jumlahnya atau bahkan terhenti sama sekali.

Ketika kerusakan pankreas sudah terjadi sedemikian parah sehingga produksi insulin berheti, maka pasien harus mendapatkan suntikan insulin. Insulin tubuh digantikan dengan insulin yang disuntikan pada waktu-waktu tertentu.

Bagaimana diabetes gestasional itu?

Tipe diabetes ini mungkin tidak sepopuler tipe 1 dan 2. Namun, tipe ini juga membutuhkan penanganan yang sama seriusnya dengan diabetes tipe 1 dan 2. Diabetes gestasional merupakan tipe diabetes yang hanya terjadi pada ibu hamil, setelah sang ibu melahirkan, maka kadar gula kembali normal, info lebih lanjut http://obatpenyakitdiabetes.org/adakah-cara-mengobati-penyakit-kencing-manis/

Apa penyebab terjadinya diabetes gestasional?

Secara pasti dan terperinci, para ahli belum mampu menjawab penyebab terjadinya diabetes gestasional ini. Namun, beberapa pakar mencoba menafsirkan tentang penyebabnya.

Menurut penafsiran beberapa pakar, penyebab utama meningkatnya kadar gula darah adalah ketika hormon insulin menjadi resisten. Hal ini disebabkan oleh hormon yang dikirimkan melalui plasenta untuk kehidupan janin. Ketika insulin terganggu, otomatis gula darah akan meningkat.