Pengguna Niasin Dalam Jumlah Besar

Faktanya, suatu karya ilmiah baru-baru ini tentang niasin menyimpulkannya dengan ucapan berikut: "Sayangnya, riwayat efek sampingan dari zat ini [niasin] menganiurkan penggunaannya hanya pada pasien dislipidemia yang parah lemak darah yang sangat buruk] di mana efek sampingan dan potensial racunnya dimonitor ketat."e Kelompok vitamin B, termasuk niasin itu larut dalam air dan dengan demikian mudah dibuang. Untuk alasan ini, banyak orang yang kurang mendapat pengetahuan biokimia mengira bahwa tubuh mereka akan membuang kelebihan niasin dan tidak akan membahayakan. Akan tetapi, ini sangat keliru. Vitamin B lainnya bisa menyebabkan masalah bila berlebihan.

Asam folat yang beriebihan bisa menyebabkan insomnia dan gangguan mental lainnya. Vitamin 86 (piridoksin) dalam jumlah besar bisa memperburuk penyakit Parkinson dan menyebabkan masalah syaraf lainnya.to Vitamin C, vitamin larut air lainnya, bisa menambah risiko batu ginjal bila dikonsumsi berlebihan.lr Bisa juga menyebabkan diare dan kejang perut.12 Mereka yang dengan tiba-tiba berhenti makan dosis vitamin C lebih besar dari 500 mg per hari berisiko kekurangan vitamin C-tampaknya karena tubuh menjadi tergantung pada vitamin dengan dosis lebih tinggi.13 Gusi mereka akan mudah berdarah ketika menggosok gigi. Gambar 3 mencantumkan beberapa masalah yang disebabkan oleh jumlah berlebihan dari vitamin larut dalam air, lebih lanjut http://obatpenyakitdiabetes.org/obat-gula-darah-herbal-yang-direkomendasi/

Vitamin larut lemak seperti vitamin A, D, E, dan K, lebih sulit dibuang oleh tubuh, Banyak orang sudah mengkonsumsi sejumlah kecil vitamin A dalam suplemen dan akibatnya jatuh sakit. Dosis vitamin A 25.000 IU per hari (sekitar 5 kali jumlah yang diperlukan untuk mencegah kekurangan vitamin) bisa menyebabkan masalah bermacam-macam seperti masalah hati, sakit kepala, rambut rontok, kulit kering, sakit tulang, dan sakit sendi. Wanita hamil yang mengkon- sumsi lebih dari 10.000 IU vitamin menambah risiko anak yang dikandungnya mengalami kelainan lahir. Kelebihan vitamin D bisa menyebabkan masalah berat dengan mengganggu keseimbangan kalsium dalam tubuh, dan bisa mengarah pada timbunan kalsium dalam darah (disebut hiperkalsemia).

Berkaitan termasuk mual, muntah, lelah, bingung, tekanan darah tinggi, gagal ginjal, dan koma.16 Vitamin E bisa beracun dalam jumlah besar, menyebabkan masalah lemas dan letih juga mual dan diare.17 Kelebihan vitamin E juga memicu individu tertentu terhadap masalah perdarahan, terutama mereka yang sedang menerima pengencer darah (antikoagulan).