Tahap Lengkap Menetaskan Telur Menggunakan Mesin Penetas Telur

Tahapan Penetasan Menggunakan Mesin Penetas Telur

Menetaskan Telur Menggunakan Mesin Penetas Telur – Tata laksana penetasan merupakan suatu rangkaian kegiatan, mulai dari persiapan mesin tetas, pemasukan telur ke dalam mesin tetas, kegiatan rutin selama penetasan sebelum kita melakukan penetasan telur tidak ada salahnya jika kita Mengenal Struktur Telur Ayam untuk mencari bibit yang baik. sampai pada pembersihan mesin tetas setelah penetasan. Pengelolaan mesin penetas telur harus cermat dan  sungguh-sungguh karena   peranannya   sangat   besar   dalam   menentukan keberhasilan penetasan.

Persiapan Menggunakan Mesin Penetas Telur
Pilih ruangan bersih dan tidak lembap untuk menempatkan mesin tetas telur. Sirkulasi udara ruangan harus lancar, tetapi mesin tetas telur jangan terkena angin langsung. Penerangan dalam ruangan harus cukup untuk memudahkan pengontrolan mesin tetas.

Sebelum dan sesudah digunakan, alat penetas telur bebek otomatis atau mesin tetas ayam harus selalu bersih dan dcucihamakan atau difumigasi. Fumigasi yang paling mudah adalah dengan gas formaldehid, dengan mencampur kalium permanganat (KMnO4) kristal dengan larutan formalin 40%. Gas yang dihasilkan adalah gas formaldehid. Gas ini sangat efektif untuk menyucihamakan ruangan.

Kekuatan gas ini berbahaya bagi embrio dan anak ayam yang baru menetas. Agar diperoleh hasil yang optimal untuk membasmi mikro-organisme pathogen tetapi membahayakan embrio, anak ayam, dan petugas maka perlu diperhatikan konsentasi dan lamanya penggunaan.

Dosis fumigasi
Dosis penggunaan fumigasi sangat bervariasi, tergantung luas ruangan dan tujuan fumigasi. Sebagai pedoman, dosis fumigasi adalah dua bagian larutan formalin dalam mililiter (cc) dicampur dengan kristal KMnO4 dalam gram.

Dalam keadaan normal, digunakan satu kali dosis, sedangkan dalam kondisi  rangan pernah dijangkiti wabah maka dosisnya harus ditingkatkan.

Pada penetasan secara modern untuk usaha penetasan komersial (hatchery), dosis fumigasi ini disesuaikan dengan besar-kecilnya ruangan dan tujuannya. Anda dapat melihat dosis fumigasi pada hatchery dan tujuan fumigasi pada table berikut ini.

tabel fumigasi