“Staging” pada tumor juga dapat menentukan besar kecilnya operasi yang akan dilaksanakan

OBAT-TUMOR-PAYUDARA

Bila tumor itu berukuran kecil, tanpa anak sebar kedaerah ketiak, operasi yang akan dilakukan bersifat sederhana. Operasi baru dilakukan, bila hasil pemeriksaan klinis dan laboratorium telah jelas dan lengkap. Kombinasi dari biopsi-mastektomi merupakan cara paling efektif untuk merawat kanker payudara. Bila operasi dilakukan terpisah dari biopsi maka akan dilakukan dua kali pembiusan total. Selain membuang waktu, menambah biaya pembiusan total dan juga mengandung risiko. Cara lain untuk melaksanakan biopsi ialah dengan menusukkan sebuah jarum kecil yang panjang kedalam tumor payudara, “menghisap” sedikit jaringan tumor untuk diperiksa dibawah mikroskop. Keuntungan besar dari tindakan ini adalah hanya diperlukannya obat tradisional untuk penyakit mengatasi diabetes pembiusan lokal atau setempat, yang dapat dilakukan ditempat praktek dokter.

Dikatakan, tindakan tersebut dapat pula kurang menguntungkan sebab ada kalanya jarum tidak mengenai tumor yang dituju. Dokter yang melakukan biopsi aspirasi harus benar-benar sangat berpengalaman didalam teknik pelaksanaannya. Ada juga pendapat yang mengatakan, bahwa penundaan operasi setelah biopsi adalah tindakan yang membahayakan karena mengandung kemungkinan bahwa sel kanker dapat terlepas lewat penyayatan dan menyebarkan diri keseluruh bagian tubuh. Sama sekali tidak ada pembuktian, bahwa hal tersebut dapat terjadi. Penundaan operasi selama dua hari setelah biopsi tidak membawa pengaruh terhadap nilai operasi. Disamping itu, kanker payudara membutuhkan waktu 6 hingga 8 tahun untuk tumbuh menjadi benjolan yang berukuran cukup untuk dapat diraba.

Jelas sudah bahwa penundaan selama 2 hari tidak akan membawa banyak pengaruh, bahkan 2 minggu masih merupakan batasan yang pantas. Petugas laboratorium yang datang akan mengambil contoh darah dari urat darah lipatan dalam siku atau di punggung tangan atau di punggung lengan bawah anda. Bagi mereka yang belum terbiasa dengan hal tersebut keadaan ini nampak menakutkan tetapi sebenarnya hampir tidak lebih sakit daripada sebuah tusukan jarum pada jari tangan. Sebuah ikatan pada lengan membuat seluruh bagian lengan terasa tegang, tetapi perasaan tersebut akan segera hilang setelah prosedur itu selesai dikerjakan. Biasanya dirumah sakit nanti, andapun menjalani pemeriksaan dengan sinar X dan mungkin pula dengan elektro-kardiograrn (ECG atau EKG).