Para korban dari acuan ekonomi modern menghadapi hidup dengan tubuh dan jiwa yang kerdil

Penelitian klinik mengungkapkan bahwa nutrisi rendah yang berarti atau yang tak begitu dramatis menyerang sebanyak separoh hingga dua-pertiga anik-anak di negara-negara miskin. a Bahkan jika nutrisi rendah tidak mengakibatkan kematian secara langsung, ia meningkatkan kemungkinan kematian karena sebab-sebab lain. Sekurang-kurangnya, ia merusak kesehatan dan merenggut hak untuk hidup sebagaimana mestinya Di samping kekurangan energi dan protein, masalah nutrisi rendah meliputi berbagai kekurangan obat alami kencing manis vitamin dan mineral tertentu yang biasanya berlangsung sejalan dengan kekurangan makanan.

proteinSejauh ini yang paling meluas di antaranya adalah anemia, yakni suatu keadaan yang biasanya diakibatkan oleh kurangnya zat besi atau vitamin-vitamin lainnya atau karena hilangnya zat besi akibat parasit darah seperti cacing tambang. Anemia yang tersebar di tiap negara menyerang b sampai lb pria dan kaum wanita serta anak-anak dalam jumtah yang lebih banyak. Anemia menguras energi yang kita butuhkan untuk bekerja dan meningkatkan kepekaan dalam berhadapan dengan penyakit. Ia juga memperbesar kemungkinan seorang wanita meninggal di saat ia melahirkan. Kekurangan vitamin A merupakan penyebab utama dari kebutaan anak-anak di negara-negara berkembang.

Xerophthalmia (secara harfiah, “mata kering”) adalah istilah yang umum dipakai untuk penyakit mata yang disebabkan oleh kekurangan vitamin A, penyakit yang berkisar dari ketakmampuan melihat dalam cuaca yang temaram hingga ke kebutaan sepenuhnya. Sepersepuluh dari anak-anak India diberitakan menderita “buta malam”, dan antara 20.000 hingga 100.000 anak-anak di seluruh dunia kehilangan penglihatan setiap tahun karena kekurangan vitamin tersebut. Sejumlah perbandingan geografis sehubungan dengan skala nutrisi rendah dalam hal protein dan kalori tentu saja tidaklah tepat; kualitas dan jenis informasi yang ada berbeda dari satu negara ke negara lain.

Meskipun demikian, data-data yang tersedia menunjukkan bahwa sebagian besar penderita nutrisi rendah di dunia berada di Asia. Negara-negara yang berpenduduk padat dan sangat miskin di anak-benua India – India, Pakistan, dan Bangladesh – yang paling terpukul. Di sana, lebih banyak orang yang hidup dalam kemelaratan dan kekurangan tanah dibanding dengan kawasan-kawasan luas lainnya, dan banyak diantaranya yang terpaksa terkena bencana nutrisi jika panen gagal tiap beberapa tahun sekali.