Pada periartritis humeroskapularis gerakan pasif di sendi bahu dibatasi oleh nyeri sekitar olekranonkorakoid atau tuberositas humeri

Apabila kondisi demikian tidak diperbaiki dengan cepat terjadi “bahu yang macet”  atau “frozen shoulder” yang berarti bahwa pergerakan pada sendi bahu menjadi sangat terbatas sehingga pasien tidak dapat menyisir rambutnya, tidak dapat memasukkan tangan ke dalam saku celananya, tidak dapat mengancingkan bajunya dan sebagainya.

Oleh karena atrofi otot terjadi sangat cepat pada proses artritis dan periartritis  maka tidaklah jarang pula bahwa kelemahan otot menjadi keluhan utama yang mendorong pasien pergi ke dokter. Pergerakan pronasi lengan bawah yang terbatas oleh karena nyeri, seringkali menjadi keluhan ibu2 rumah tangga yang ditinggalkan tukang cucinya’dan terpaksa mencuci pakaian sendiri, seperti halnya pada masa lebaran.

Pada penekanan daerah sekitar epikondilus eksterna terasa nyeri. Nyeri ini bersangkutan dengan suatu lesi pada kaput profundus pronator radii atau ligamentum orbikularis yang teriadi waktu memeras pakaian (a la lndonesia) atau waktu main tennis. Oleh karena itulah sindroma nyeri pada siku dinamakan “tennis arm” atau “tennis elbow”.

Pergerakan pada sendi panggul menimbulkan nyeri apabila ada peradangan pada sendi, atau .!ika ada fraktur kolum femoris, juga jikalau ada proses periartritis sendi panggul, fibrositis m. sakrospinalis dan apabila ada hernia nukleus pulposus. Nyeri spontan atau nyeri yang timbul akibat pergerakan pada berbagai proses tersebut di atas seringkaliterasa di tempat yang sama, ialah di sekitar sendi panggul yang dapat menjalar ke paha atau bagian belakang tungkai, mulai dari lipatan gluteus sampai tumit.

Jikalau nyeri spontan tidak ada, maka nyeri dapat dibangkitkan dengan ialan menggerakkan tungkai pasien pada sendi panggulnya. Dengan metoda2 pemeriksaan umum dapat dibuat diferensiasi yang cukup bermanfaat. Anamnesa fibrositis, “sprain” atau “tergelincir” adalah sebagai berikut: (a) “waktu mengandung 7 bulan sudah terasa nyeri di daerah bokong dan setelah melahirkan anak nyeri itu meniadi sangat hebat, sehingga tidak dapat bergerak sama sekali oleh karena pergerakan badan sedikit saia sudah membangkitkan nyeri”. (b) “waktu mau naik mobil, se-konyong2 penderita memutai badannya oleh karena ter-buru2 mau keluar lagi untuk mengambil sesuatu yang tertinggal. Pada saat itu nyeri terasa di bagian belakang bawah.” Baca informasi lengkap seputar jenis obat diabetes yang aman dan efektif untuk di konsumsi hanya di sini.