Bahkan ada di antara tindakan-tindakan itu yang mengakibatkan kemunduran yang parah

polutanSebagaimana dikemukakan oleh Rene Dubos, umat manusia “memperkenalkan kekuatan-kekuatan baru pada tingkat yang demikian pesatnya, dan pada skala yang demikian luasnya, sehingga akibat-akibat buruknya sudah akan menimpa mereka sebelum mereka sempat mengevaluasi konsekuensi-konsekuensi dari perbuatan itu sendiri.” Jalan yang terbaik guna menghindarkan kemunduran-kemunduran yang sangat membahayakan di bidang lingkungan adaiah dengan memperlambat kecepatan kita dalam mengubah ekosistem, dan membatasi percobaan-percobaan umat manusia dalam batas-batas yang menurut akal-budi tidak membahayakan eksistensi kita sendiri. Akan tetapi, apakah jalan bijaksana demikian bisa diterima atau tidak, pengaruh manusia terhadap lingkungan dan pada akhirnya pada kesejahteraan umat manusia sendiri telah mencapai titik di mana kewaspadaan yang ketat akan sistem-sistem yang menunjang kehidupan di atas bumi tak terkira pentingnya.

Isyarat-isyarat yang menandakan adanya ancaman terhadap kehidupan di lautan, tanah, udara, tanamtanaman, dan binatang-binatang harus senantiasa kita amati, demikian pula kemungkinan adanya cara pengobatan diabetes melitus polutan-polutan yang tidak diharapkan atau akibat-akibat buiuk dari zat-zat atau kegiatankegiatan yang sudah lama kita kenal. Perubahan-perubahan yang terjadi pada setiap penduduk di muka bumi harus diteliti sehubungan dengan kanker atau penyakit-penyakit lainnya yang ditimbulkan oleh lingkungan. Kewaspadaan yang sama juga harus kita kerahkan atas jumlah kelahiran yang cacat, yang senantiasa mampu memberikan pertanda akan adanya ancaman terhadap warisan genetis kita.

Keprihatinan kita akan kesehatan umat manusia mau tak mau akan membawa kita pada keprihatinan atas perlakuan umat manusia terhadap lingkungan alam, baik lingkungan yang hidup maupun yang tidak. Akan tetapi ini juga membawa kita kepada keprihatinan atas perlakuan umat manusia terhadaap sesamanya; oleh karena kekuatan-kekuatan yang menggalakkan kemiskinan masih tetap merupakan ancaman yang paling besar terhadap kesehatan umat manusia.