Anamnesa hernia nukleus pulposus pada umumnya

Pinggang bagian bawah seringkali pegal dan waktu mengangkat sesuatu yang agak berat bangkitlah nyeri yang makin lama makin hebat. Batuk dan bersin menimbulkan nyeri yang menjdlar mulai dari daerah gluteus sampai ke daerah lateral kaki. Apabila nyerinya menghilang terasalah kesemutan pada daerah lateral kaki. Anamnesa fraktur kolum femoris kiranya tidak memerlukan penjelasan lebih lanjut.

Data yang dihasilkan dengan lalan inspeksi dan palpasi daerah tulang belakang, sakrum dan sendi panggul adalah seperti berikut. Sebagai telah diterangkan terlebih dahulu, penderita artritis sendi panggul pada tahap dini mengambil sikap di mana tungkai atas agak diaduksikan dan panggul yang sakit agak terangkat apabila ia tidur telentang. Pada hernia nukleus pulposus, inspeksi tulang belakang akan menunjukkan bahwa lordosis daerah lumbal menjadi datar atau disertai oleh skoliosis.

Pada fibrositis m. sakrospinalis bisa ditemukan nyeri-tekan pada sendi sakroiliaka, sedangkan pada hernia nukleus pulposus nyeri-tekan terdapat pada tulang punggung sekitar L 4 dan L 5, pada koksitis nyeri-tekan terasa di daerah sekitar sendi panggul. Pemeriksaan pergerakan pasif dengan jalan mengangkat tungkai dalam sikap lurus dikenal sebagai tindakan Lasegue. Dalam hal itu pasien tidur telentang dan sipemeriksa mengangkat tungkai pasien dalam posisi lurus.Tekniknya ialah sebagai terlukis pada gambar 35. pada orang yang sehat tungkai dapat diangkat sampai g0 derajat tanpa menimbulkan nyeri yang berarti.

Pada HNP dan juga pada koksitis, fraktur kolum femoris serta fibrositis m. sakrospinalis, tindakan Lasegue membangkitkan nyeri sebelum sudut 90 derajat tercapai. Tindakan Lasegue ini adalah suatu test provokasi untuk serabut2 saraf yang menyusun n. iskhiadikus. Pada pengangkatan tungkai dalam posisi lurus n. iskhiadikus akan teregang. Apabila nervus tersebut tidak terganggu, maka regangan itu tidak merupakan suatu rangsang yang berarti. Akan tetapi pada keadaan dimana n. iskhiadikus terganggu, penarikan sedikit saja sudah. cukup untuk merangsang dan menimbulkan nyeri. Pada HNP tindakan Lasegue sudah menimbulkan nyeri, bila tungkai diangkat setinggi 30 derajt-60 derajat (sudut yang dibuat oleh tungkai dan landasan). Nyeri akan timbul di daerah distribusi n. iskhiadikus.Cari tahu informasi seputarĀ terapi diabetes melitus yang direkomendasikan dokter ahli kesehatan dunia hanya di sni.